Jasa Pengurusan Izin NIB Melalui OSS, Solusi Mudah Dapatkan Surat Izin

Sekarang ini, dunia usaha semakin dipermudah dengan segala macam proses terkait perizinan Pemerintah dan penerbitan surat-surat. Jika dahulu kita mengenal TDP atau Tanda Daftar Perusahaan dan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan,  kini jika Anda hendak mengurus pendaftaran sebuah usaha, Anda hanya harus mengurus NIB atau Nomor Induk Berusaha. Selain itu, proses pengurusan NIB bisa dilakukan secara online yaitu melalui OSS atau Online Single Submission. Bagi Anda yang belum terlalu mengenal atau familiar dengan hal ini, gunakan saja jasa pengurusan izin NIB melalui OSS agar lebih mudah.

 

Apa Itu NIB dan OSS?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NIB adalah singkatan dari Nomor Induk Berusaha. NIB adalah pengganti dari SIUP dan TDP sebagai alat registrasi sebuah badan usaha. Jadi, Anda kini tidak perlu lagi mengurus SIUP dan TDP. NIB bisa diurus dalam waktu cukup singkat yaitu tidak lebih dari 30 menit dengan menggunakan sebuah sistem terbaru yang diluncurkan pemerintah. Sistem ini disebut dengan OSS atau singkatan dari Online Single Submission. OSS

 

Fungsi Nomor Induk Berusaha

 Seperti halnya NIK atau Nomor Induk Kependudukan, sebuah badan usaha yang baik dan benar adalah badan usaha yang terdaftar dengan resmi. Dengan demikian, badan usaha ini telah memiliki payung hukum dan resmi di mata pemerintahan.

Berikut ini adalah beberapa jenis badan usaha yang bisa mendaftarkan perusahaannya melalui sistem OSS, yaitu :

  1. Perseroan Terbatas
  2. Perusahaan Umum
  3. Perusahaan Umum Daerah
  4. Badan Hukum Lainnya yang dimiliki oleh Negara
  5. Badan Layanan Umum
  6. Koperasi
  7. Badan Usaha yang di bawah Yayasan
  8. Lembaga Penyiaran
  9. CV atau Persekutuan Komanditer
  10. Persekutuan Perdata
  11. Persekutuan Firma

 

Tata Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha

Anda mungkin bisa mengurus sendiri izin usaha yang Anda butuhkan. Namun, jika Anda merasa tidak memiliki banyak waktu atau pengetahuan untuk mengurusnya, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan izin NIB melalui OSS. Akan tetapi, meskipun Anda sudah menyerahkan pengurusan NIB pada jasa ahlinya, Anda tetap harus mengetahui setidaknya alur atau prosedur pengurusan NIB.

Berikut ini adalah tahapan pengurusan NIB melalui OSS, yaitu :

  1. Pengurusan Badan Usaha

Sebelumnya, Anda harus membuat jenis badan usaha apa yang akan didirikan. Pengurusan jenis badan usaha ini bisa dilakukan ke Notaris terdekat atau yang bertanggung jawab di wilayah tempat usaha Anda berdiri. Jenis badan usaha akan dibuktikan dengan Akta Pendirian Perusahaan.

 

  1. Menggunakan Sistem Online Single Submission

OSS merupakan sistem online yang diluncurkan oleh pemerintah. Sistem ini akan membantu Anda dalam memonitoring sejauh mana permohonan izin usaha Anda sedang diproses. Anda harus mendaftar terlebih dahulu di OSS ini dan mengisi semua ketentuan yang dibutuhkan.

 

  1. OSS Meregistrasi Pengajuan Anda

Anda bisa mulai melakukan registrasi secara online. Pastikan Akta Pendirian Perusahaan Anda telah disahkan oleh Notaris. Nomor Akta yang telah mendapatkan pengesahan akan muncul di sistem OSS. Anda bisa melakukan login ke dalam sistem OSS dengan memasukkan NIK atau paspor. NIK atau passport ini akan membantu Anda mendapatkan password.

Jika Anda telah masuk ke situs OSS, lakukan pendaftaran dan ikuti petunjuk yang ada di web tersebut. Anda akan menemukan nomor Akta yang telah mendapatkan pengesahan tadi. Anda bisa memilih nomor Akta tersebut. Setelah itu, Anda akan diwajibkan untuk mengisi data-data seperti data pribadi dan data perusahaan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Anda akan membutuhkan data-data di bawah ini untuk membantu proses pengisian, diantaranya adalah :

  • Data Badan Usaha Perusahaan
  • Data Pemegang Saham
  • Data Nilai Investigasi
  • Data BPJS Ketenagakerjaan
  • Data BPJS Kesehatan

 

  1. Menunggu Notifikasi Intensif

Setelah selesai mendaftar, kini Anda tinggal menunggu untuk mendapatkan notifikasi intensif dari sistem OSS. Notifikasi ini berisi perihal apakah perusahaan Anda masuk ke dalam kriteria perusahaan yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku atau tidak.

 

  1. Melakukan Operasional Usaha

Setelah selesai dengan proses tersebut dan Anda mendapatkan NIB, Hal ini berarti bahwa perusahaan Anda telah terdaftar dan Anda bisa melakukan kegiatan usaha atau bisnis dengan tenang.

 

Tahapan di atas sekilas nampak mudah untuk dikerjakan, akan tetapi akan terasa sulit dan membingungkan bagi Anda yang tidak mengetahui dengan jelas alurnya. Oleh sebab itu, sangat tepat kiranya jika Anda memilih untuk menggunakan jasa pengurusan izin NOB melalui OSS saja. Selain lebih simple dan cepat, menggunakan perusahaan jasa akan menghemat waktu dan tenaga Anda yang bisa Anda curahkan untuk kelangsungan bisnis Anda saja.

 

Rekomendasi Jasa Pembuatan NIB ( Nomor Induk Berusaha) Terbaik

 Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan NIB melalui OSS kompeten dan profesional, Anda bisa mempercayakannya kepada kami. Sebagai perusahaan jasa yang berkecimpung dalam bidang pekerjaan lingkungan, Green Envirotama Indonesia telah cukup lama malang melintang yakni mulai tahun 2014.

Berkantor di daerah Magelang Jawa Tengah, kami melayani hampir sebagian besar perusahaan ternama di daerah Jawa Tengah. Beberapa diantaranya mungkin adalah perusahaan yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda, yaitu :

  • Matahari Dept Store
  • PT Sampoerna
  • PT Djarum
  • Bank Sinarmas
  • PT Astra Indonesia, dan lain sebagainya.

 

Semua perusahaan ini adalah klien tetap kami yang menggunakan jasa-jasa kami untuk mengurus beberapa izin terkait masalah lingkungan dan menyusun beberapa laporan atau dokumen lingkungan. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang bisa kami lalukan selain sebagai jasa pembuatan NIB melalui OSS saja, diantaranya adalah :

  1. Penyusunan dokumen AMDAL
  2. Penyusunan dokumen UKL – UPL
  3. Penyusunan Laporan Semesteran
  4. Penyusunan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah
  5. Pengurusan Izin TPS LB3
  6. Pengurusan Izin Pengeboran Air Tanah
  7. Pengurusan Izin Pembuangan Air Limbah
  8. Pengurusan Izin Pengusahaan Air Tanah
  9. Pengurusan Izin Pengurusan SKRK

 

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, kami menyadari sepenuhnya bahwa komitmen dan kepercayaan memberikan yang terbaik adalah senjata utama. Oleh sebab itu, jika Anda mempercayakan pengurusan izin dan penyusunan dokumen lingkungan kepada tim kami, semaksimal mungkin kami akan melakukan yang terbaik dan mendapatkan hasil paling cepat.

Profesionalisme kami tidak hanya didukung oleh jam terbang kami dalam melayani beberapa pelanggan setia, profesionalisme kami juga berasal dari kemampuan dan keahlian anggota tim yang merupakan orang-orang handal dan ahli di bidangnya. Kami memastikan hasil terbaik yang bisa diperoleh dari tangan-tangan mereka.

Sebuah perusahaan yang baik dan benar adalah mereka yang dengan tertib dan taat mengerjakan setiap laporan yang diwajibkan untuk diserahkan kepada departemen atau dinas terkait. Selain itu, mereka juga taat dalam pengurusan izin untuk kelangsungan perusahaannya. JIka Anda sebagai pemilik usaha tidak memiliki cukup tenaga, waktu atau kemampuan untuk mengerjakan semua itu, silahkan percayakan kepada Green Envirotama Indonesia sebagai jasa pengurusan izin NIB melalui OSS terkemuka.

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *