Jasa Pengurusan Izin Pengusahaan Air Tanah

Setelah mengurus surat izin pengeboran air tanah, dokumen selanjutnya yang harus juga dimiliki adalah surat izin pengusahaan air tanah. Jika Anda sebelumnya menggunakan jasa pengurusan izin pengeboran air tanah, ibaratnya Anda melakukan sekali dayung dan melampaui dua tiga pulau. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, jasa tersebut juga akan menjadi jasa pengurusan izin pengusahaan air tanah seperti perusahaan kami Green Envirotama Indonesia.

Apa Itu Surat Izin Pengusahaan Air Tanah [SIPA) ?

Izin pengusahaan air tanah (SIPA) merupakan lanjutan dari izin pengeboran air tanah. Setelah pemilik usaha mendapatkan persetujuan untuk melakukan pengeboran air tanah, dinas setempat akan mengeluarkan surat izin yakni SIP atau Surat izin Pengeboran Air Tanah. Dengan demikian, pemilik usaha telah diperkenankan untuk melakukan pengeboran dan memanfaatkan sumber daya air untuk kepentingan usaha.

Setelah pemilik usaha menerima SIP, mereka harus segera melakukan pengeboran air tanah dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari semenjak tanggal dikeluarkannya izin pengeboran. Jika tidak segera dilakukan pengeboran sampai lewat dari 14 hari, maka SIP akan dicabut dan dinyatakan hangus.

Jika sumur bor telah berhasil dibangun dalam jangka waktu 14 hari tersebut, selanjutnya pemilik usaha harus segera mengurus surat izin pengusahaan air tanah yang bisa dilakukan melalui jasa konsultan pengurusan surat izin pengusahaan air tanah. Surat izin ini diberikan kepada pemilik usaha bahwa mereka berhak untuk memanfaatkan dan mengambil air tanah untuk kegiatan usaha.

Surat izin pengusahaan air tanah memiliki jangka waktu yang terbatas yakni maksimal 3 (tiga) tahun. Dalam kurun waktu tersebut, pemilik usaha berkewajiban menjaga sebaik mungkin sumber air tersebut agar selalu lestari dan tidak tercemar. Umumnya, penetapan lama waktu izin pengusahaan air tanah tergantung dari faktor ketersediaan air di lingkungan, kondisi lingkungan sumber air, dan juga tujuan dilakukannya usaha.

Izin pengusahaan air tanah dapat diperpanjang jika masa berlakunya telah habis dengan cara melakukan permohonan setidaknya satu bulan sebelum masa berlakunya benar-benar habis. Jika dalam masa tersebut pemilik usaha terlambat melakukan proses perpanjangan, maka untuk selanjutnya mereka akan diharuskan melakukan permohonan baru.

Persyaratan Pengajuan Izin Pengusahaan Air Tanah

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebelum mengajukan berkas permohonan pengurusan izin pengusahaan air tanah. Diantaranya adalah :

  1. Surat permohonan, asli bermeterai
  2. Profil badan usaha
  3. Akta pendirian badan usaha
  4. Susunan direksi dan daftar pemegang saham badan usaha
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak
  6. Surat keterangan domisili
  7. Surat Izin Usaha
  8. Pernyataan tertulis kesanggupan untuk membayar pajak air tanah
  9. Surat Izin Penggalian atau pengeboran
  10. Laporan hasil pengeboran atau penggalian air tanah
  11. Koordinat titik lokasi rencana pengeboran atau penggalian pada peta
  12. Informasi mengenai peruntukan dan debit kebutuhan air tanah
  13. Persyaratan kesanggupan untuk membuat sumur resapan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebagai pemilik usaha yang baru saja merintis usaha atau baru saja membuka lahan usaha baru, tentu saja Anda sedang fokus pada permasalahan pengembangan usaha Anda. Oleh sebab itu, untuk urusan perizinan sebaiknya diserahkan saja kepada ahlinya yaitu Green Envirotama Indonesia selaku jasa pengurusan surat izin pengambilan air tanah. Dengan segenap tenaga, kami akan membantu pengurusannya mulai awal hingga akhir tanpa Anda harus melalui berbagai macam prosedur yang ribet dan tidak kunjung selesai.

Green Envirotama Indonesia, Jasa dan Konsultan Lingkungan Profesional

Agar lebih jelas, sebelumnya kami akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah Green Envirotama Indonesia. Kami bergerak di bidang jasa pengurusan izin terkait masalah lingkungan dan juga jasa penyusunan berbagai macam dokumen dan laporan bidang lingkungan. Kami telah berdiri sejak tahun 2014 dan menangani banyak sekali klien dari perusahaan pemula, perusahaan rintisan hingga perusahaan besar dan juga beberapa instansi pemerintahan.

Sebagai jasa dan konsultan lingkungan, kami tidak hanya menawarkan satu atau dua jasa saja. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa kami tangani untuk Anda, diantaranya adalah :

  1. Penyusunan dokumen AMDAL
  2. Penyusunan dokumen UKL – UPL
  3. Penyusunan Laporan Semesteran
  4. Penyusunan dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah
  5. Pengurusan Izin TPS LB3
  6. Pengurusan Izin Pengeboran Air Tanah
  7. Pengurusan Izin Pembuangan Air Limbah
  8. Pengurusan Izin Pengurusan NIB melalui OSS
  9. Pengurusan Izin Pengurusan SKRK

 

Sebagai jasa profesional, tentunya kami memiliki beberapa kelebihan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. diantaranya adalah :

  1. Jam Terbang Tinggi

Sejak beroperasi pada tahun 2014 hingga saat ini, kami memiliki daftar panjang klien yang sebagian besar menjadi pelanggan setia dan selalu menggunakan jasa kami. Selama tahun-tahun itu, kami selalu mengusahakan yang terbaik dalam segi pelayanan agar semua klien merasa puas dengan hasil kinerja kami.

 

Dengan jam terbang tinggi ini, kami memastikan kepada Anda pelayanan yang terbaik, dalam hal ini adalah sebentuk dokumen atau laporan yang berkualitas atau izin yang cepat disetujui dan terbit.

 

  1. Didukung Staf Ahli dan Berpengalaman

Tim kami beranggotakan orang-orang lulusan dari universitas dan perguruan tinggi terbaik. Mereka merupakan ahli di bidang lingkungan dan mendedikasikan dirinya untuk melayani keperluan Anda. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas atau mutu dari dokumen atau laporan yang kami terbitkan. Di tangan-tangan para ahli tersebut, laporan dan dokumen lingkungan terbaik akan Anda dapatkan.

 

  1. Jaringan Relasi Luas

Kami memiliki relasi cukup luas yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pengurusan ataupun perolehan informasi. Seperti yang Anda ketahui, berhubungan dengan sistem atau birokrasi bukanlah hal yang mudah. Jika Anda tidak mengetahui informasi dan ilmu mengenai pengurusan dokumen, hampir bisa dipastikan Anda akan tersesat bahkan gagal untuk mengurus hal yang Anda butuhkan.

 

Kami, sebagai jasa pengurusan surat izin pengambilan air tanah, memiliki bekal dan pengetahuan yang cukup untuk bisa melewati semua sistem dan birokrasi tersebut. Inilah yang menjadi salah satu senjata andalan kami dalam mengurus segala sesuatunya.

 

  1. Bekerja dengan Profesional

Kami adalah orang-orang yang bekerja dengan profesional. Anda bisa mempercayakan dokumen resmi perusahaan kepada kami. Seperti yang Anda ketahui, segala bentuk pengurusan izin pasti membutuhkan dokumen resmi perusahaan yang sifatnya rahasia dan tidak  boleh diketahui oleh orang luar. Namun karena kami adalah pekerja profesional, kami memahami dengan jelas pentingnya menjaga rahasia perusahaan.

 

  1. Cepat, Tepat dan Tanggap

Setelah Anda menyetujui untuk menyerahkan pengurusan izin kepada kami, dengan cepat dan tanggap kami akan menyelesaikannya untuk Anda. Kami tidak pernah menunda segala pekerjaan yang kami terima karena setiap klien adalah raja bagi kami.

 

Green Envirotama Indonesia tidak hanya sebagai jasa pengurusan izin pengusahaan air tanah saja. Kami juga mengurus berkas lainnya apabila Anda membutuhkan. Selain itu, kami juga menerima segala macam pertanyaan dalam sesi konsultasi. Mungkin saja, Anda akan menemukan permasalahan terkait lingkungan. Anda bisa bertanya kepada kami dan akan kami bantu mencari jawaban atau solusinya.

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *