Jasa Pengurusan Izin Pengeboran Air Tanah

Keberadaan air bersih merupakan syarat wajib bagi keberlangsungan sebuah usaha. Salah satu cara untuk mendapatkan sumber air bersih adalah dengan cara melakukan pengeboran untuk mencari sumber air tanah. Supaya bisa melakukan pengeboran ini, setiap badan usaha harus meminta izin pada pemerintah daerah karena air adalah salah satu kebutuhan dasar untuk kebutuhan hajat hidup masyarakat secara luas. Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pengeboran tanpa ijin meskipun tanah yang ditempati adalah hak milik Anda. Untuk itu, pemerintah memberikan peraturan bahwa badan usaha yang akan melakukan pengeboran harus mengajukan izin pengeboran. Izin ini bisa Anda dapatkan melalui jasa pengurusan izin pengeboran air tanah.

Pengertian Surat Izin Pengeboran Air Tanah

Surat Izin pengeboran air tanah adalah salah satu dokumen yang harus dimiliki jika sebuah badan usaha akan melakukan pengeboran tanah untuk mendapatkan sumber air bersih yang kemudian akan dimanfaatkan dalam proses operasional usaha. Surat izin pengeboran ini didapatkan dari pemerintah daerah setempat.

Proses pengeboran air tanah tidak bisa dilakukan begitu saja. Hal ini berkaitan dengan peran penting dan fungsi air bagi kehidupan makhluk hidup dan lingkungan sekitar. Penggalian dan pencarian sumber mata air membutuhkan izin dari pemerintah setempat, terlebih lagi jika penggunaan sumber air ini untuk kepentingan bisnis atau usaha. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap kerusakan lingkungan akibat pengeboran mata air secara tidak beraturan.

Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan aturan bagi para pemilik usaha yang hendak melakukan pengeboran. Mereka diwajibkan untuk memiliki surat izin melakukan pengeboran sebelum proses pengeboran tersebut dimulai.

 

Tujuan dan Manfaat Izin Pengeboran Air Tanah

Setiap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah pasti memiliki tujuan dan manfaat yang hendak dicapai, dalam hal ini adalah tujuan dari adanya izin pengeboran air tanah. Berikut ini adalah beberapa hal yang hendak dicapai dari munculnya peraturan ini, diantaranya adalah :

  1. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Pengeboran tanah untuk mendapatkan air bersih baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi kondisi lingkungan sekitar. Tujuan ditetapkannya aturan ini adalah agar tidak ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan peluang pengeboran sumber air yang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi mereka dan merugikan masyarakat sekitar.

2. Menjaga Keberadaan Sumber Air Bersih

Pengeboran air tanah harus memperhatikan prinsip dan keseimbangan antara upaya konservasi dan pendayagunaan air tanah. Hal ini bertujuan agar keberadaan air tanah di dalam tanah supaya tetap lestari.

3. Mengatur Kegiatan Badan Usaha Terkait Pemanfaatan Air Tanah

Air merupakan salah satu material penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk manusia, air sangat diperlukan bahkan untuk keberlangsungan sebuah usaha. Hampir semua lini usaha membutuhkan kehadiran air bersih. Oleh sebab itu, pemerintah berusaha mengatur penggunaan air bersih ini supaya tidak berlebihan diambil dari dalam tanah.

 

Persyaratan dan Prosedur Pengurusan Izin Pengeboran Air Tanah

Melihat betapa pentingnya air dalam kehidupan sehari-hari, memang tidak salah jika pemerintah setempat sangat berhati-hati dalam menyetujui setiap proses pengajuan pengurusan izin pengeboran air tanah. Mereka tidak ingin menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan yang berakibat buruk terhadap masyarakat lebih luas. Oleh sebab itu, proses pengurusannya bisa dibilang sedikit agak rumit.

Jika Anda membutuhkan dokumen ini, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan izin pengeboran air tanah jika menginginkan proses yang cepat dan surat izin segera keluar. Hal ini dikarenakan jika Anda kurang memahami alurnya, bisa-bisa pengajuan Anda akan ditolak. Namun sebelumnya, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini terlebih dahulu, yaitu :

  1. Surat permohonan tertulis dengan materai Rp 6.000
  2. Salinan akta pendirian perusahaan  yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, untuk badan usaha
  3. Fotokopi surat izin Ganguan (HO)
  4. Fotokopi domisili/ KTP
  5. Surat pernyataan kepemilikan instalansi bor bermaterai atau Fotokopi Surat Tanda Instalasi Bor (STIB)
  6. Foto Instalasi bor berukuran 9 X 12 cm, masing – masing sebanyak 3 (tiga) lembar
  7. Salinan sertifikat klasifikasi dan sertifikat kualifikasi bada usaha yang dikeluarkan  oleh Asosiasi dan telah diregistrasi di LPJK
  8. Fotocopy IMB, sertifikat tanah, surat pernyataan berada pada tanah milik sendiri, ditandatangani bermaterai atau keterangan lain yang dipersamakan
  9. Salin izin usaha yang dimiliki (paling kurang SIUP, TDP, izin lingkungan, persetujuan UKL-UPL/AMDAL lengkap dengan dokumennya)
  10. Berita acara sosialisasi rencana pengeboran air tanah yang menyatakan tidak keberatan dari masyarakat sekitar, ditandatangani oleh pejabat dan masyarakat setempat termasuk RT, RW, Lurah, Camat dan seterusnya.

Setelah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, perusahaan jasa pengurusan surat izin pengeboran air tanah akan membantu Anda melalui beberapa tahapan prosedur sebagai berikut, yaitu:

  1. Penyerahan berkas lengkap kepada petugas di departeman terkait
  2. Pemohon akan mendapatkan tanda terima berkas jika keseluruhan berkas tersebut telah dicek dan dinyatakan lengkap
  3. Petugas akan melakukan pengecekan ulang dan penginputan data-data yang diperlukan ke dalam sistem data perizinan
  4. Petugas akan meneruskan berkas permohonan ke bagian teknis untuk dilakukan survey lapangan
  5. Survey atau pemeriksaan lapangan dilakukan oleh tim teknis di tempat dimana Anda akan melakukan proses pengeboran air tanah
  6. Tim teknis akan membuat berita acara mengenai hasil kunjungan atau survey yang akan dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan atau rekomendasi kelayakan atau tidaknya permohonan Anda
  7. Jika kondisi tempat Anda layak, maka permohonan Anda akan disetujui
  8. Jangka waktu penyelesaian proses permohonan umumnya memakan waktu 7 hari kerja.

Jika dilihat secara sekilas, proses pengajuan ini nampaknya memang tidak terlalu sulit. Akan tetapi, birokrasi dan sistem terkadang tidak berkata demikian. Dari pada Anda membuang waktu dan tenaga karena tidak memahami prosesnya, memang lebih baik jika menggunakan jasa konsultan pengurusan surat izin pengeboran air tanah.

Jasa Pengurusan Izin Pengeboran Air Tanah Terpercaya

Kami adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang penyusunan dokumen lingkungan dan pengurusan izin atau pekerjaan lingkungan. Salah satunya ialah melayani jasa konsultan pengurusan izin pengeboran air tanah. Green Envirotama Indonesia sudah berdiri dan dikenal sejak tahun 2014. Sebagai salah satu perusahaan jasa terkemuka, kami telah membuktikan dengan berbagai pengalaman kami menangani pengajuan izin dari klien. Dari perusahaan pemula hingga perusahaan besar yang menggunakan jasa kami, mereka merasa puas atas kecepatan layanan yang kami berikan.

Kecepatan merupakan salah satu potensi terbaik kami. Hal ini dikarenakan kami memiliki tim ahli yang telah menguasai teknik dan seluk beluk proses pengurusan segala macam izin terkait lingkungan. Tim kami terdiri dari orang-orang handal dan pakar ahli di bidang lingkungan. Anda bahkan bisa berkonsultasi dengan mereka jika suatu saat nanti menemui masalah yang berhubungan dengan lingkungan.

Jangan ragu untuk memilih kami sebagai jasa pengurusan izin pengeboran air bawah tanah terpercaya dan tercepat. Tidak ada tujuan utama kami selain meraih kepercayaan Anda. Untuk itu, semaksimal mungkin kami akan memproses pengajuan Anda. Silahkan hubungi kami di nomor yang tertera di bawah ini jika hendak melakukan konsultasi. Kami akan merespon Anda kembali dalam waktu secepatnya.

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *